1.763 Ternak di Paser Divaksin PMK, Dua Sapi Kembali Dinyatakan Positif

  • Admin Disbunak Paser
  • 09 August 2022
  • 80 Views
1.763 Ternak di Paser Divaksin PMK, Dua Sapi Kembali Dinyatakan Positif

TANA PASER - Berdasarkan data manual Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser, jumlah ternak yang telah mendapatkan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak 1.763 ekor. Di sisi lain terjadi penambahan dua kasus positif PMK di Kecamatan Muara Komam. 

Total kasus hingga Senin 8 Agustus 2022 menjadi 31 ekor yakni di Kecamatan Muara Komam 29 ekor dan Pasir Belengkong dua ekor.
 
Kepala Disbunak Paser Djoko Bawono menargetkan dalam waktu dekat sebanyak 2.530 dosis vaksin PMK sudah disuntikkan dari 2.900 dosis yang tersedia.
Masing-masing di Kecamatan Kuaro 700 dosis, Tanah Grogot 350 dosis, Batu Engau 300 dosis, Long Ikis 1000 dosis, dan Pasir Belengkong 180 dosis.
 
Vaksin ini belum ada penambahan dari Kementerian Pertanian dari dosis yang diterima dinas 4.148 dosis," sambung dia.
Vaksin yang telah dibuka hanya bisa bertahan hingga 36 jam dan harus dihabiskan. Sejauh ini, menurut Djoko, tidak pernah ada vaksin yang sampai terbuang, apabila tak habis di setiap botol keesokan harinya pasti dipergunakan.

"Setiap botol berisi 200 mililiter dengan dosis 2 mililiter (cc) per ekor. Kalau ada sisa besoknya dihabiskan oleh petugas dengan mengejar durasi waktu yang ada," sambung dia.

Pada pelaksanaan vaksin, pihaknya  didampingi aparatur desa, Linmas, Pemerintah Kecamatan, Satpol PP, BPBD, Babinsa, Babinkamtibmas, relawan dan  Ketua Kelompok Tani.
 
Reporter: Anas Abdul Kadir | Editor: Bambang Irawan 

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment