DINAS PERKEBUNAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR GELAR BIMTEK PENGELOLA AREAL NILAI KONSERVASI TINGGI

DINAS PERKEBUNAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR GELAR BIMTEK PENGELOLA AREAL NILAI KONSERVASI TINGGI
Foto Bersama Petugas Pengelola ANKT

Samarinda, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur Melakukan Bimbingan Teknis Petugas  Pengelola Areal Nilai Konservasi tinggi di Hotel Harris Samarinda pada tanggal 30- 31 Maret 2022.

Jadi salah satu tahapan kegiatan yang dilakukan adalah Bimbingan Teknis Pengelolaan Areal dengan Nilai Konservasi Tinggi bagi Pemerintah Daerah dan para Pihak di Kalimantan Timur. 

Dalam Pelatihan Kali ini Bapak Samsul Ulum dari TNC Indonesia beliau membawakan beberapa Materi antara lain Sejarah Areal Bernilai Konservasi Tinggi , Identifikasi Target konservasi secara offline, Dr. Titiek Setiowati yang berasal dari Puslitbang Hutan Bogor, Bapak Yohanes Budi dari Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman membawakan Areal Bernilai Karbon Tinggi (ABKT) 4 secara offline.

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Areal dengan Nilai Konservasi Tinggi ini diikuti oleh perwakilan dari para pemangku Kepentingan yang ada di seluruh Kabupaten di Kalimantan Timur antara lain dari Dinas yang membidangi tentang Perkebunan se kalimantan timur , Lembaga Sosial Masyarakat (LSM/NGO) , dan Perusahaan Perkebunan Besar Swasta secara Offline maupun online.

Pendekatan Areal dengan Nilai Konservasi Tinggi (ANKT) ditujukan untuk memelihara atau meningkatkan nilai-nilai ekologi/lingkungan dan sosial penting pada tingkat lokal, regional dan global di lanskap produksi yaitu 

  1. mengidentifikasi Areal Bernilai Karbon Tinggi  1 (ABKT 1 ) 
  2. Ekosistem tingkat Lanskap (ABKT 2)
  3. Ekosistem/habitat langka dan terancam (ABKT 3)
  4. Perlindungan Penyedia Jasa Lingkungan (ABKT 4)
  5. Kebutuhan Pokok Masyarakat Tempatan (ABKT 5)
  6. Perlindungan Situs Budaya (ABKT)

Tujuan dari Kegiatan Bimbingan teknis ini antara lain Meningkatkan pengetahuan bagi peserta tentang konsep dasar dan kriteria  ANKT, Pengelolaan dan Pemantauannya, Meningkatkan Pengetahuan bagi Peserta terhadap arti Penting ANKT sebagai instrumen manajemen dalam pengelolaan areal bernilai konservasi tinggi (ANKT), dan meningkatkan Kapasitas bagi penentu kebijakan dalam pengambilan keputusan perencanaan pembangunan berdasarkan pendekatan ANKT. 

Penulis : Arga Fahriansyah, ST

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment