Disbunak Paser Laksanakan BIMTEK Manajemen Pembiakan dan Reproduksi SISKA (Integrasi Sapi-Sawit) dan Kesehatan Hewan serta Animal Welfare

  • Admin Disbunak Paser
  • 03 September 2023
  • 433 Views
Disbunak Paser Laksanakan BIMTEK Manajemen Pembiakan dan Reproduksi SISKA (Integrasi Sapi-Sawit) dan Kesehatan Hewan serta Animal Welfare
Pelatihan SISKA di KT. Gawi Bersama, Desa Saing Prupuk, Kec. Batu Engau

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Paser, drh. Al Habib bersama tim menghadiri BIMTEK Manajemen Pembiakan dan Reproduksi (SISKA) dan Kesehatan Hewan yang dilaksanakan oleh SISKA Supporting Program yang bertempat di Kelompok Tani Gawi Bersama, Desa Saing Prupuk, Kecamatan Batu Engau (Kamis, 31/08/2023).

Agenda ini dihadiri oleh drh. Linda beserta tim dari Dinas Peternakan dan Kesahatan Hewan Prov. Kalimantan Timur, drh Al Habib beserta tim dari Disbunak Paser, Admyral Saifunnazmi, SP beserta Tim dari UPTD. Puskeswan Batu Engau, tim UPT Petangis serta pekebun-peternak disekitar lokasi klaster dengan total peserta sekitar 31 orang.

Bimbingan teknis ini, diawali dengan sambutan oleh drh. Al Habib, beliau berterima kasih serta mengapresiasi kepada SISKA Supporting Program dan juga DPKH Kaltim atas komitmen dan telah memfasilitasi dalam implementasi program SISKA di kabupaten Paser.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Anhar Faisal Fanani, S.Pt, M.Si dari Universitas Mulawarman yang berjudul “Implementasi SISKA Kemitraan : Manajemen Pembiakan dan Reproduksi Sapi”

“Wilayah Kalimantan Timur ini sangat berpotensi untuk dijadikan daerah pengembangan sapi mengingat daerahnya yang luas dan juga masih banyaknya tersedia pakan rumput di alam liar. Kebanyakan saat ini peternak masih fokus terhadap penggemukan sehingga di khawatirkan apabila terus menerus seperti itu, daerah Indonesia tidak bisa mandiri atau akan terus menerus melakukan impor sapi bakalan dari luar negeri” Kata Pak Anhar. Beliau juga memaparkan simulasi sederhana mengenai perkiraan jumlah ternak yang didapatkan dalam suatu populasi dengan jangka waktu tertentu.

Kemudian drh. Al Habib juga berharap kepada pihak Universitas Mulawarman untuk ikut serta dalam pembangunan peternakan yang ada di Kabupaten Paser.

“Saya berharap semoga Universitas Mulawarman juga bisa membantu kelompok dan Peternakan di Kabupaten Paser dalam membangun sistem recording peternakan sapi di Kabupaten Paser” Ujarnya

Lalu, Materi berikutnya dengan judul "Implementasi SISKA Kemitraan : Manajemen Kesehatan Hewan dan Animal Welfare", dengan narasumber drh. Linda Widyastuti dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Pada tema ini, drh. Linda menjelaskan mengenai beberapa penyakit yang sering menyerang sapi seperti Coccidiosis, cacingan, Baliziekte, Jembrana, PMK dan lainnya. Beliau juga menjelaskan mengenai obat-obatan baik herbal ataupun non herbal sebagai penanganan pertama pada penyakit tersebut.

Kedua tema materi tersebut berhasil menarik antusiasme peserta untuk berdiskusi tentang sapi-sapi mereka, kemudian di akhir acara dilanjutkan untuk melakukan pengecekan kesehatan pada sapi di KT. Gawi Bersama.

Klaster Gawi Bersama berkomitmen untuk mengimplementasikan SISKA dengan lebih lanjut dan Disbunnak Paser selalu siap berkontribusi untuk pengendalian dan penanganan kesehatan sapi di klaster SISKA. Sementara Universitas Mulawarman berencana memberikan kontribusi dalam proses pencatatan dan recording ternak di Klaster Gawi Bersama harapannya peran akademisi lokal bisa membantu mengakselerasi perkembangan SISKA dan pekebun-peternak rakyat di Kalimantan Timur.

 

Oleh: drh. Astika Dwi

 

 

 

Related Posts

Leave a Comment